Thursday, September 3, 2020

KEKUATAN OTAK DALAM AKTIVITAS SEHARI-HARI

Otak merupakan pengatur dari semua fungsi kehidupan kita, tidak hanya tempat pengaturan bagi temperatur tubuh, nafsu makan, hasrat seksual atau perilaku kita. Dalam menjalankan fungsi pengaturan tersebut, otak memiliki berbagai mekanisme yang amat mengagumkan, sehingga kesempurnaan fungsinya memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas secara optimal, bahkan maksimal. Pada sekitar tahun 1985 mengemukakan teori Kecerdasan Ganda (KG) oleh Howard Gardner, ia menetapkan syarat khusus yang harus dipenuhi oleh setiap kecerdasan agar dapat dimasukan kedalam teorinya, syarat-syarat itu adalah :

1. Kecerdasan tersebut harus dapat dilambangkan, baik dalam bentuk fisik maupun non fisik.

2. Setiap kecerdasan harus memiliki riwayat perkembangan tidak muncul secara tiba-tiba.

3. Setiap kecerdasan rawan terhadap cacat akibat dari kerusakan atau cedera pada wilayah otak tertentu.

4. Setiap kecerdasan memiliki keadaan akhir berdasar nilai budaya.

Manfaat terbesar dari mengetahui kecerdasan yang kita miliki adalah : kita dapat memaksimalkan seluruh potensi yang kita miliki.


A. KECERDASAN MUSIKAL

Pengaruh musuk entah itu terhadap kesehatan tubuh, kemampuan kerja bahkan saat-saat kritis akhir kehidupan seseorang dimana musik dianggap sebagai salah satu upaya meringankan beban yang dihadapi sipenderita. Komponis Amerika Aaron Copland menunjukan tiga tingkatan mendengarkan musik, yaitu ;

1. Tataran Perasaan dimana mendengarkan hanya untuk menikmati bunyi yang diciptakan.

2. Tataran Ungkapan memperhatikan suasana hati dan makna gubahan lagu.

3. Tataran Musikal memperhatikan berbagai unsut struktur musik, melodi, harmoni, irama warna atau timbre.

B. KECERDASAN KINESTETIK

Orang Yunani menempatkan olah raga, sebagai sarana yang penting untuk memupuk kekuatan pikiran.

Sedangkan kebudayaan timur mengusahakan perkembangan pikiran melalui tubuh selama beribu tahun dengan mengembangkan yoga, taichi dan aikido. gaya belajar secara kinestetik lainya secara visual dan auditorik seperti karyawan memanfaatkan sensasi otot.

C. KECERDASAN INTERPERSONAL

Kecerdasan ini berwujud sebagai kemampuan yang sangat baik dalam memahami karyawan lain. inti dari kecerdasan ini adalah menangkap perbedaan yang teramat halus akan maksud motivasi, suasana hati, perasaan dan gagasan orang lain disekitarnya. 

D. KECERDASAN LOGIS MATEMATIS

Kecerdasan ini mengolah hal matematik dan ilmiah. Howard Gardner menemukan bahwa pemikiran logis matematis memikik suatu komponen khas. Ia merumuskan komponen ini sebagai kepekaasn dan kemampuan untuk membedakan antara pola logika  atau numerik dan kemampuan menangani rangkaian penalaran yang panjang.

E. KECERDASAN INTRAPERSONAL

Kecerdasan Intrapersonal adalah suatu kecerdasan yang membuat kita lebih dapat mengenali dan memahami diri sendiri. Kecerdasan intrapersonal akan membekali kita suatu kemampuan untuk melihat ke dalam diri sendiri hingga suatu tindakan akan dapat kita lakukan dengan cerdas; karena kita sudah memiliki atau sudah mengenali kemampuan sendiri, kitapun dapat menghargai diri sendiri sebagaimana mestinya.

F. KECERDASAN NATURALIS

Adalah suatu kemahiran mengenali dan menangani berbagai macam flora dan fauna. Seseorang yang sangat pandai berkebun dokter hewan yang sangat cekatan menangani hewan yang menjadi pasienya, pawang hewan yang sangat menyayangi atau disayangi oleh hewan perliharaanya.

G. KECERDASAN VERBAL/LINGUISTIK

merupakan kecerdasan paling universal diantara berbagai kecerdasan dalam teori KG, meskipun kemudian ahli pidato, pelawak, pengacara yang handal jumlahnya sedikit namun setiap orang akan belajar untuk berbicara dan menulis. Komponen kecerdasan verbal yang paling penting adalah kemampuan menggunakan bahasa untuk mencapai sasaran praktis.

H. KECERDASAN SPASIAL 

adalah jenis kecerdasan pengamatan suatu obyek


sumber : Kekuatan Otak dalam aktivitas sehari-hari, Dr.Frits Sumantri Sr.,Sps Penerbit Nuansa, 2006

No comments:

Post a Comment

TOYOTA ETIOS VALCO E 2014