Sunday, September 6, 2020

PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI

Pengertian Psikologi Industri dan Organisasi

Psikologi Industri dan organisasi merupakan keseluruhan pengetahuan (a body of knowledge) yang berisi fakta, aturan dan prinsip-prinsip tentang perilaku menusia pada pekerjaanya. Penggunaan pengetahuan psikologi untuk kepentingan dan kemanfaatan pihak=pihak yang terlibat (baik perusahaan sebagai organisasi maupun karyawanya).

Psikologi Industri dan organisasi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia, Psikologi Industri dan organisasi berhubungan dengan industri dan organisasi, yang dimaksudkan disini dengan organisasi ialah organisasi formal yang mencakup organisasi yang mencari keuntungan, yang memproduksi barang dan jasa (industri, perdagangan, biro akuntan, biro perjalanan, perbankan dan sebagainya) organisasi yang tujuan utamanya bukan mencari keuntungan (lembaga pendidikan, rumah sakit, badan-badan pemerintah, lembaga pemasyarakatan dan sebagainya).

Organisasi (industri) sebagai suatu sistem terditi dari subsistem yaitu satuan kerja yang besar seperti divisi atau urusan. Satuan kerja yang besar ini terdiri dari satuan-satuan kerja yang lebih kecil (susistem), seperti bagian. Setiap bagian terdiri dari satuan kerja yang lebih kecil lagi, misalnya seksi.Demikian seterusnya sampai kesatuan kerja yang kita tetapkan sebagai yang terkecil yaitu lembaga tenaga kerja. Organisasi industri berinteraksi dengan sistem lain (organisasi) industri lainya, departemen, lembaga pendidikan dan sebagainya, membentuk suatu sistem yang lebih besar (suprasistem)


Sumber : Psikologi Industri dan Organisasi, Ashar Sunyoto Munandar,Universitas Indonesia, 2001 

No comments:

Post a Comment

TOYOTA ETIOS VALCO E 2014