Wednesday, July 15, 2020

METODOLOGI PSIKOLOGI AGAMA

Secara terminologi Psikologi Agama tidak dijumpai dalam kepustakaan Islam Klasik karena latar perkembanganya bersumber dari literatur Barat. Sebagai disiplin Ilmu Otonom, maka psikologi agama  memiliki metode penelitia ilmiah, diantaranya :

1. Dokumen Pribadi
    Metode ini digunakan untuk mempelajari bagaimana pengalaman dan kehidupan batin seseorang dalam hubunganya dengan agama ( mengumpulkan dokumen pribadi seseorang). Dalam pengumpulanya terdapat berbagai teknik diantaranya yaitu :

a. Teknik Nomotatik
    Yaitu dengan memahami sifat-sifat dasar manusia dengan mentapkan ketentuan umum dari       hubungan antara sikap dan kondisi yang dianggap sebagai penyebab terjadinya sikap tersebut.

b. Teknik Analisis
    Yaitu dengan cara data yang terkumpul diklasifikasikan menurut teknik statistik dan dianalisis untuk dijadikan penilaian terhadap individu yang diteliti.

c. Teknik Idiography
    Yaitu teknik yang lebih memusatkan hubungan antara sifat yang dimaksud dengan keadaan tertentu dan aspek kepribadian yang menjadi ciri khas masing-masing individu.

d. Teknik Penilaian Terhadap Sikap
    Yaitu teknik dengan melihat Biografi/Tulisan tulisan yang berhubungan dengan individu yang diteliti untuk selanjutnya diambil kesimpulan.

2. Kuesioner dan Wawancara
    Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data dan informasi lebih banyak dan mendalam secara langsung kepada responden. Dalam penerapanya metode ini dilakukan dalam berbagai bentuk yaitu :

a. Pengumpulan Pendapat Masyarakat
b. Skala Penilaian 
c. Test
d. Eksperimen
e. Obesrvasi
f. Studi Agama berdasarkan Antropology Budaya
g. Pedekatan terhadap perkembangan
h. Metode Klinis dan Proyektivitas
i. Metode Umum dan Prouektivitas
j. Apersepsi Nomotatik
k. Studi kasuk
l. Survei

No comments:

Post a Comment

TOYOTA ETIOS VALCO E 2014