Wednesday, July 15, 2020

SIKAP (ATTITUDE)


Istilah sikap digunakan pertama kali oleh Herbert Spencer si tahun 1862 yang pada saat itu diartikan olehnya sebagai status mental seseorang. Ada berbagai definisi mengenai sikap tetapi pada umumnya dimasukan kedalam tiga kerangka pemikiran  yaitu :

 1. Louis Thurston, Rensis Linkert, dan Charles Osgood
Menurut mereka, sikap adalah bentuk  evaluasi atau reaksi perasaan, sikap seseorang terhadap suatu objek adalah  perasaan  mendukung atau memihak ( favorable) maupun tidak mendukung  atau tidak memihak ( unfavorable).
Derajat afek positif atau afek negatif terhadap suatu objek psikologis”.

2.Chave, Bogardus, LaPierre, Mead, dan Gordon Allport

Menurut kelompok ini, sikap merupakan semacam kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek  dengan cara-cara tertentu. Bagaimana respon individu terhadap ojek apabila diberi stimulus.
Suatu pola prilaku, tendensi atau kesiapan antisipatif, predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial, atau secara sederhana, sikap adalah respon terhadap suatu simuli sosial yang telah terkondisikan”.

3. Scord & Backman

Menurut kelompok ini sikap merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan dan berprilaku terhadap suatu objek.
Keteraturan tertentu dalam hal perasaan (afeksi) pemikiran (kognisi), dan predisposisi tindakan (konasi) seseorang terhadap suatu aspek di lingkungan sekitarnya”.


Azwar, Saefuddin. 2007. Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

No comments:

Post a Comment

TOYOTA ETIOS VALCO E 2014