Tuesday, July 21, 2020

PSIKOLOGI EKSPERIMEN

Penelitian merupakan salah satu cara untuk memperoleh kebenaran didalam menjawab pertanyaan-pertanyaan. Hasil penelitian-penelitian itu selanjutnya diformulasi menjadi ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan terbeut sebagai jawaban atas sebagian masalah yang dialami manusia. Penelitian psikologi sama halnya dengan penelitian pada bidang ilmu lainya dapat dikelompokan dalam dua bentuk yaitu penelitian pustaka dan penelitian lapangan.

1. Penelitian Pustaka
Penelitan pustaka merupakan penelitian yang menggunakan pustaka sebagai sumber data. Pustaka yang dimaksud diantaranya catatan-catatan seseorang, riwayat hidup, surat-surat tertulis, atau informasi lainya yang memungkinkan dapat mengungkap perilaku atau kondisi psikologis seseorang.

2. Penelitian Lapangan

a. Observasional
Merupakan metode yang banyak digunakan dalam penelitian, termasuk di bidang psikologi, dimana para ahli mengguakan penelitian observasi pada penelitian observasi naturalistik, observasi laboratorium, dan studi kasus.
- Penelitian naturalistik dilakukan dengan jalan mengamati perilaku subjek yang terjadi secara natural di dalam lingkungan kehidupanya sehari-hari.
- Oberservasi laboratorium maksudnya adakalanya observasi dilakukan di laboratorium, penelitian ini sering dilakukan pada subjek anak, misalnya penelitian untuk mengetahui strategi bayi dibawah 2 tahun meraih objek (makanan dan mainan) dengan genggaman dan alat.
- Studi Kasus, merupakan studi yang mendalam tentang individu atau suatu unit selama kurun waktu tertentu

Penelitian riwayat kehidupan individu merupakan satu pendekatan didalam penelitian kasus. Penelitian riwayat kehidupan individu dimaksudkan untuk mengkonstruksi riwayat hidup seseorang yang didasarkan pada kejadian dan catatan yang diangkat dari berbagai sumber yang ada pada subjek maupun orang-orang yang mengenalnya,

b. Penelitian Korelasi
Penelitian ini mengacu pada upaya menghubungkan suatu variabel dengan variabel lain. Dalam konteks inivariabel-variabel itu diambil berdasarkan prosedur seleksi atau ex post facto, yaitu suatu keadaan yang terjadi tanpa adanya suatu perlakuan, seperti status sosial, tingkat pendidikan, intelegensi dan hubungan keluarga.

c. Eksperimen
Merupakan penelitian yang dilakukan dengan manipulasi yang bertujuan untuk mengetahui akibat manipulasi terhadap perilaku individu yang diamati. Eksperimen ini dilakukan untuk mengetahui efek yang ditimbulkan dari suatu perlakukan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti. Penelitan ini bersifat prediktif, yaitu meramalkan akibat dari suatu manipulasi terhadap variabel terikatnya. Tujuan dalam eksperimen adalam mengamati (observation) apa akibat yang ditimbulkan dari perlakuannya.

Sumber : Latipun, 2006" Psikologi Eksperimen", Penerbitan Universitas Muhamadiyah Malang, 

No comments:

Post a Comment

TOYOTA ETIOS VALCO E 2014